BUNTOK (MediaSurya) – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DiskominfoSP) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), melalui Bidang e-Government menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Operator Layanan Call Center 112 untuk meningkatkan kesiapsiagaan kedaruratan.
Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor DiskominfoSP Barsel, Selasa (24/6).
Menurut Kepala DiskominfoSP, Mario Aan, bimtek ini merupakan tahapan akhir sebelum peluncuran resmi Call Center 112 sebagai program unggulan 100 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati Barsel.
“Kegiatan ini tindak lanjut rapat koordinasi yang menegaskan kesiapan teknis dan fasilitas pendukung sebelum divalidasi serta diverifikasi Kementerian Komunikasi dan Digital,” ujarnya.
Ia mengatakan, layanan 112 dirancang untuk mempercepat dan mempermudah akses laporan kedaruratan masyarakat serta mendekatkan pelayanan pemerintah.
“Layanan Call Center 112 hadir agar warga mudah melaporkan kondisi darurat dan segera mendapat penanganan,” katanya.
Melalui bimtek kali ini, tambahnya, DiskominfoSP memastikan seluruh petugas dan instansi operator siap menjalankan tugas secara maksimal.
“Kami menargetkan Call Center 112 resmi diluncurkan Juli 2025 setelah seluruh proses evaluasi dan integrasi selesai,” tambahnya.
Sebanyak 61 peserta mengikuti bimtek termasuk BPBD, Kodim 1012 Buntok, RSUD Jaraga Sasameh, Dinas Kesehatan, Perumdam Tirta Barito, Satpol PP, Tagana, Dinas Perhubungan, DP3APPKB, Redkar Kartini, dan Redkar Plaza.
Materi teknis dipaparkan David Kristianto Yohansyah dari PT Jasnita Telekomindo Tbk selaku mitra yang memberikan pelatihan operasional sistem dan penggunaan aplikasi layanan darurat yang menegaskan komitmen Pemkab Barsel menghadirkan pelayanan publik cepat, tanggap, dan terintegrasi. (am)
The post Call Center 112 Barsel Siap Diluncurkan Juli 2025, DiskominfoSP Latih 61 Operator Darurat appeared first on MediaSurya.